man in white shirt using macbook pro

5 Masalah Yang Sering di Hadapi Programmer

Artikel kali ini akan sedikit berbeda dari artikel-artikel sebelumnya. So i hope you enjoyed for this article.

Programmer adalah salah satu bidang pekerjaan yang mulai di pandang di beberapa tahun terakhir. Banyak yang menggemari pekerjaan ini, karena selain dapat menyelesaikan sebuah masalah juga karena mendapatkan gaji yang cukup besar. 

Di beberapa startup terkemuka seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan startup lainnya gaji programmer mencapai angka 10 juta perbulannya bahkan bisa lebih jika mempunyai skill yang mempuni. Diera digital seperti ini programmer adalah salah satu pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar ataupun startup yang sedang berkembang.

Kebanyakan seorang programmer memiliki ciri khasnya tersendiri dalam membuat sebuah aplikasi atau program. Tapi beberapa mungkin memiliki persamaan dalam menghadapi masalah yang sering terjadi.

Baca Juga : Apa Itu Python? | Pengertian dan Cara Penggunaannya

Berikut 5 masalah yang sering dihadapi oleh programmer 

1. Bug

coffee writing computer programmer
Photo by Negative Space on Pexels.com

Bug adalah sesuatu yang sangat menyebalkan oleh sebagian programmer. Dalam proses development terkadang bug sudah di atasi dengan baik tapi setelah program itu di launching, bug itu akan muncul dengan sendirinya. Memang kita sebagai programmer harus lebih teliti dalam membuat aplikasi atau program sebelum program itu di luncurkan.


2. Dokumentasi Yang Sedikit

black and gray laptop computer/programmer
Photo by luis gomes on Pexels.com

Dokumentasi adalah salah satu “alat” untuk membantu seorang programmer dalam membuat program, apalagi membangun program tersebut harus menggunakan bahasa yang “baru” bagi kita. Dan itu akan menjadi sebuah masalah yang harus kita selesaikan. Oleh karena itu kita harus aktif dalam mencari dokumentasinya, bukan hanya di situs resminya tapi jangan malu untuk bertanya di sebuah grup atau forum tentang bahasa tersebut.


3. Error Yang Tidak Ada Solusinya

programmer error
Photo by Vie Studio on Pexels.com

Ya, setiap masalah memang pasti ada solusinya dan pasti memiliki jalan keluar yang berbeda-beda. Tapi dalam hal pemrograman, programmer akan selalu menghadapi sebuah error. Karena belum tentu error yang sama akan terjadi pada progmammer satu dengan yang lain. Dan dengan menghadapinya kita sedikit demi sedikit akan mulai terbiasa, karena ini akan menguji skill analisa kita dan itu akan membuat skill kita lebih terasah.


4. Deadline

white ring bill alarm clock
Photo by Joseph Redfield on Pexels.com

Deadline memang hal yang harus diperhitungkan saat awal kita membuat program atau mengerjakan sebuah project. Kita harus bisa memperhitungkan kapan project harus selesai agar tidak mengacaukan pekerjaan kita ditengah jalan. Oleh karena itu kita harus lebih memperhatikan hal-hal kecil dalam mengerjakan sesuatu.


5. Mudahkan Buatnya ? Sebentar Bisa Kan ?

brown wooden letter b wall decor
Photo by Olya Kobruseva on Pexels.com

Kemudian yang terakhir masalah yang sering terjadi pada programmer adalah pertanyaan diatas. Sebenarnya bukan programmer saja yang menghadapi pertanyaan seperti ini, seperti designer dan beberapa pekerjaan yang lainnya menghadapi pertanyaan seperti ini. Walaupun membuatnya adalah hal yang mudah tapi itu membutuhkan tenaga dan pikiran. Karna semudah apapun pekerjaannya kita akan selalu membuatnya dengan optimal dan memuaskan.


Itulah 5 masalah yang sering terjadi oleh programmer. Mungkin masih banyak hal-hal yang lain namun 5 point ini yang sering terjadi. Dan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman beberapa teman yang sebagai programmer.

Sumber Gambar : Pexels

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *